Mengintip Perjalanan Zhou Qunfei, Wanita Terkaya di Tiongkok

Zhou Qunfei - scmp.com
Melihat perlajanan orang sukses selalu menyenangkan. Yang pasti bisa dipetik pelajaran berharganya dari perjalanan hidupnya. Apalagi kalau orang sukses ini adalah Wanita yang berasal dari Tiongkok pula. Zhou Qunfei namanya. Saat ini tercatat sebagai wanita terkaya di Tiongkok.

Baca : China Semakin Menggila Di Depan

Mungkin di kepala kita sudah tertanam kalau orang-orang sukses itu adalah orang-orang yang punya kesempatan pendidikan yang baik atau datang dari keluarga yang baik. Tidak untuk Zhou Qunfei. Dia tidak berasal dari keluarga berada. Tapi soal pendidikan, tunggu dulu, bisa diperjuangkan.

Qunfei berasal dari keluarga miskin. Sebelum dirinya dilahirkan, sudah menjadi yatim karena ayahnya meninggal karena kecelakaan kerja. Kemudian pada usia 5 tahun, giliran ibunya yang meninggal. Kesehariannya memelihara hewan untuk sedikit membantu ekonomi keluarga. Dan walaupun Qunfei cemerlang di dunia akademis, dirinya lebih memilih ikut pamannya menjadi pekerja di Shenzen pada usia 16 tahun.

Pendidikan benar bisa diperjuangkan, sambil bekerja Qunfei tetap mengambil pelatihan paruh waktu di Shenzen University. Banyak sekali yang diambil dan lulus. Dari mulai akuntansi, operasi komputer, hingga menjadi supir. Ada satu yang disesalkan Qunfei tidak diambil, adalah bahasa Inggris.

Qunfei sendiri punya cita-cita awalnya sebagai fashion designer. Tapi dirinya justru bekerja pada sebuah sebuah perusahaan keluarga yang membuat suku cadang jam. Dengan modal yang sudah dikumpulkannya, Qunfei memberanikan diri untuk memulai usahanya pada tahun 1993 di usia 22 tahun dengan modal sekitar USD 3.000.

Motorolla Razr V3 - cnet.com
Fokusnya menghasilkan kaca jam tangan berkualitas menuntunnya diperkenalkan dengan Motorola. Era dimana telepon genggam sudah tidak lagi menggunakan plastik dan mulai melirik kaca menguntungkan Qunfei. Perusahaannya dilirik Motorola untuk membuat kaca pada Razr V3.

Dari lena jam, beralih ke lensa handphone, kemudian Qunfei mengembangkan lensa sentuh. Yang tentu saja dilirik pemain-pemain besar smartphone pada masa itu. Jadi, jangan heran kalau Qunfei sukses bekerjasama dengan HTC, Nokia, Samsung, dan Apple.

Sekarang dirinya masih menggarap lensa untuk apple watch. Perusahaannya saat ini memiliki lebih dari 6.000 pekerja. Dan forbes mencatat profil Zhou Qunfei sebagai berikut sekarang :


Luar biasa kan?

Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment