Mowgli Netflix, Cerita yang Belum Pernah Ada

Poster Netflix Mowgli - ndtv.com

Netflix, platform film digital ini menurut saya keren sekali. Bukan hanya menyajikan film-film yang bisa ditonton secara online, tapi juga mengeluarkan film-film yang di luar kebiasaan. Sebut saja live action Fullmetal Alchemist dan Bleach. Memang ada yang kemudian katanya ada beberapa film adaptasi yang ditarik lagi peredarannya, tapi tetap saja platform ini BEDA.

Baca :

Salah satu yang menggugah dan beda adalah hadirnya film Mowgli. Kita tahu kalau Mowgli ini adalah nama karakter dari sebuah novel dengan judul The Jungle Book. Film animasi dengan judul yang sama dengan judul novel, dipopulerkan pertama kali oleh Disney. Bahkan Tahun lalu, Disney mengeluarkan film live-action remake dari film animasi lawas dengan judul The Jungle Book.


Terus terang ekspektasi saya saat menonton film Mowgli akan sama dengan saat saya nonton film The Jungle Book. Tapi ternyata beda, walaupun nama karakternya semua sama, tapi jelas pesan dan alur ceritanya berbeda. Nanti di tulisan lain saja saya bahas bedanya di mana.

Asal Muasal Mowgli Hadir di Hutan

Kaa si ular piton raksasa di sini menjadi narator yang secara sadar mentransformasi pada penonton bahwa Kaa adalah jiwa dari hutan itu sendiri. Di awal film diceritakan kalau Mowgli adalah anak manusia yang selamat dari sebuah insiden – sebut saja pembantaian – antara manusia dan Harimau (Shere Khan). Diceritakan kalau Mowgli selamat dan diselamatkan oleh seekor Panther (Bagheera).

Mowgli bersama kawanan serigala - gulfnews.com
Bagheera secara diam-diam meninggalkan anak manusia tersebut di pintu tempat tinggal kawanan serigala. Kehadiran anak manusia tersebut memaksa kawanan serigala untuk melakukan rapat penting kawanan. Akeela sang pemimpin dengan bijak meminta pendapat para tetua kawanan. Adalah kemudian (nama ibu serigala) yang angkat bicara kalau dirinya ingin merawat anak manusia ini seperti merawat anaknya sendiri.

Akeela kemudian melihat dalam mata anak manusia ini, kemudian Akeela yakin, kalau anak manusia ini layak untuk berada di tengah-tengah kawanan. Keyakinan Akeela ini kemudian memutuskan kalau anak manusia ini menjadi bagian dari kawanan serigala. Dia akan diperlakukan sama seperti individu lain dalam kawanan. Dan dia tentunya akan dilindungi. Termasuk dari Shere Khan yang kemudian datang untuk memakan anak ini.

Anak ini kemudian seperti kita kenal, Mowgli.

Bagheera dan Baloo Adalah Guru

Ternyata kawanan ini tidak hanya berisi serigala saja. Juga terdapat Bagheera si Panther dan Baloo si Beruang. Keduanya di dalam kawanan berperan sebagai guru yang menyiapkan generasi penerus kawanan serigala ini. Dan tentunya Mowgli adalah salah satu dari murid mereka.

Baloo & Bagheera - vox.com
Kalau dilihat, Bagheera dan Baloo ini punya peran sendiri-sendiri dalam mengajarkan generasi kawanan serigala. Bagheera lebih mengajarkan pada fisik yang ujungnya mengajarkan kemampuan untuk berlari, mencengkram, menggigit dan sebagainya yang pasti berguna saat berburu. Sementara Baloo lebih pada kemampuan mental, bisa berarti harga diri, ketenangan dan kemantapan. Terlihat sekali saat Baloo melatih Mowgli saat menghadapi kalajengking yang ditempel di wajah.

Dari interaksi Bagheera, Baloo dan murid-muridnya ini, kita seperti diberitahu hukum kawanan yang berlaku, salah satunya tentang Angota kawanan hanya boleh menggunakan kemampuan fisiknya saja. Tidak ada tuh ceritanya kawanan yang menggunakan alat. Makanya saat Mowgli jatuh hati dengan kawanan monyet, Bagheera menyebut mereka dengan sebutan liar dan tanpa aturan. Karena monyet dengan santainya menggunakan batu untuk membuka buah.

Enam Konflik Jadi Satu

Ada setidaknya 6 konflik yang saya tangkap di film ini yang penyelesaian disatukan.

1 Mowgli terusir dari kawanan.

Namanya sebuah kawanan pasti punya peran. Dan generasi selanjutnya yang dewasa adalah generasi yang pantas untuk ikut berburu. Dan Mowgli yang masuk dalam generasi tersebut tentu harus membuktikan bahwa dirinya pantas menjadi bagian dari kawanan. Bisa dibilang ini adalah hasil pembelajaran dari Bagheera dan Baloo. Namun apa yang terjadi? Mowgli bisa dikatakan gagal – ya jelas saja gagal, dia kan manusia, tidak mungkin punya fisik dan insting seperti serigala – dan dia harus diusir dari kawanan.

Persiapan pembuktian kedewasaan - miaminewtimes.com
Sebelum ujian, Bagheera sudah mengingatkan Mowgli untuk pergi saja ke desa bergabung dengan kaumnya, manusia. Ini konflik batin yang terjadi pada Bagheera sendiri. Dia pingin Mowgli ada di kawanan, tapi merasa dirinya tidak cocok dan lebih cocok di dunia manusia. Tapi dia juga sedih kalau berpisah dengan Mowgli.

Ah lieur.

2 Desa vs Shere Khan

Shere Khan yang sejak kejadian pembantaian yang makan manusia sepertinya senang sekali memancing konflik dengan manusia. Sejak pertengahan film, Shere Khan digambarkan hobi sekali mencuri ternak dari desa yang paling dekat dengan hutan. Akibatnya, makin banyak manusia pergi ke hutan mencari pencuri ternak (Shere Khan).

Hal ini juga dimanfaatkan oleh Shere Khan untuk mengadudomba kawanan. Kalau kehadiran Mowgli ini membahayakan. Kesalnya Mowgli ini membuat dirinya mengambil api dari desa dan mengancam Shere Khan dengan api tersebut. Tapi justru tindakan Mowgli itu tidak disukai kawanan yang mengakibatkan dirinya diusir dari kawanan.

Udah mah enggak mampu ikut pembuktian kedewasaan, eh melanggar hokum kawanan pulak?! Lengkap sudah!

3 Kawanan yang terpecah.

Sepeninggal Mowgli yang ke desa dan keluar dari kawanan, menjadi kawanan ini limbung. Pasalnya Akeela si pemimpin kawanan serigala ini sudah tua dan lemah. Ditambah lagi dengan hasutan Shere Khan, maka pada kawanan ini terjadi perpecahan. Sebagian ikut dengan Shere Khan, sementara pengikut setia Akeela terusir hingga dekat sekali dengan desa.

Kejadian ini membuat kawanan yang setia dengan Akeela meminta Mowgli untuk kembali dan menyelesaikan masalah. Oh iya, dalam kondisi ini, Akeela udah metong. Dan yang aneh, kenapa kawanan Akeela ini menghubungi Mowgli dan minta dia yang menolong ya? Mungkin seperti fitrah manusia dalam Alquran, kalau manusia ini sejatinya khalifah a.k.a pemimpin. Makanya mereka rela dan ikhlas dipimpin oleh Mowgli.

4 Gajah vs Pemburu.

Dalam film ini ada adegan dimana Mowgli jatuh ke dalam jebakan dan ditolong oleh gajah. Pada adegan ini Mowgli melihat kalau gading kanan gajah tersebut patah.

Pertemuan Mowgli dengan Hathi si Gajah saat membuktikan gading pemburu - Netflix
Oke, yang di atas itu flashback. Dan sekarang Mowgli yang di desa bersama pemburu menemukan potongan gading di kamar pemburu. CLING! AHA! Ternyata pemburu ini jahat sama gajah yang menolong Mowgli.

5 Mowgli vs Pemburu.

Di kamar pemburu ini banyak sekali hewan-hewan yang diawetkan hasil buruannya. Salah satu yang membuat Mowgli tercengang dan emosi adalah penampakan wujud Bhoot yang sudah diawetkan. Bhoot adalah salah anggota dari kawanan serigala yang hilang. Bhoot ini bisa dibilang serigala albino, dan yang namanya albino pasti dianggap cacat oleh hewan sejenisnya, makanya dia terbuang dari kawanan.

Hubungan emosional Mowgli dan Bhoot ini bisa dibilang lekat. Karena Mowgli adalah satu-satunya teman dari kawanan yang mau bicara dengan Bhoot, sehingga Bhoot nempel terus sama Mowgli. Emosi Mowgli makin pecah karena pertemuan terakhir dengan Bhoot terjadi saat Mowgli sedang marah dan tidak sengaja melukai perasaan Bhoot dan Mowgli berlum sempat meminta maaf.

Mowgli marah pada pemburu.

6 Mowgli vs Shere Khan.

Ah ini mah udah gak usah diceritain ya. Udah jelas Shere Khan ini sebel banget sama Mowgli. Sebenarnya Mowgli mah selow aja. Tapi gara-gara konflik nomor 3 di atas, Mowgli jadi punya kemarahan pada Shere Khan. Demi kawanan!

Shere Khan - youtube.com
Mowgli Pembawa Harmoni

Penyelesaian 6 konflik di atas, bisa dengan cerdik diselesaikan oleh Mowgli. Pertama, Mowgli menghubungi kawanan gajah dan seperti mengatakan kalau dirinya bisa mempertemukan gajah dengan pemburu yang mengambil gading. Tapi dengan syarat mereka harus menggiring Shere Khan ke perbatasan desa. Karena pemburu yang mereka cari ada di desa.

Nah kemudian kemunculan Shere Khan yang digiring para gajah tentu mencuri perhatian penduduk desa dan si pemburu pastinya, karena memang pemburu ini dibayar penduduk desa untuk menghabisi harimau yang mencuri ternak. Kemunculan pemburu ini jadi pembuktian ucapan Mowgli, itu pemburunya! Yang langsung dihajar oleh sang gajah.

Mowgli kemudian berhadapan dengan Shere Khan, dan dengan pisau pemberian pemburu, Mowgli berhasil mengalahkan Shere Khan.

Apa yang terjadi selanjutnya? Tidak dijelaskan sih, tapi mungkin hubungan antara manusia dan hewan kembali harmonis. Lha harimau sudah matek. Pemburu sudah matek. Karena harimau a.k.a Shere Khan matek, kawanan kembali rukun. Bukan cuma kawanan, tapi juga desa menjadi lebih tenang karena ternaknya aman. Mowgli bisa jadi penjembatan antara hutan yang dihuni para hewan dengan penduduk desa. Jangan sampai mereka melanggar batas wilayah.

Bisa dibilang, Mowgli membawa keharmonisan hidup antara hewan hutan dan penduduk desa.

Udah gitu aja.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment