Cozmo, Robot dari Anki yang Memiliki Emosi

Tampilan Cozmo, robot AI dari anki - anki.com
Pernah membayangkan bagaimana kalau Robot pada film wall-e sudah ada di sekarang ini? Robot yang bisa berprilaku sendiri dan memiliki emosi. Atau semodel BB-8 si robot Starwars yang menemani perjalanan Rey? Ini ada robot mungil sukuran kepalan yang sudah memiliki AI bernama Cozmo yang ditelurkan oleh ANKI. Robot kecil yang memiliki emosi ini sungguh memikat.

Emosi yang dikeluarkan hanya sebatas kotak-kotak menyala seperti mata saja. Rekayasa emosi yang muncul pada wajah Cozmo ini dibantu oleh tim animasi dari Hollywood, jadi jangan heran kalau emosi yang ditampilkan tampak nyata.

Bukan cuma itu, Cozmo ini bisa menjadi teman bermain sehari-hari. Apalagi kalau melihat tingkah pola si robot kecil ini, sangat menggemaskan. Emosi yang jahil, emosi marah, kesal dan sebagainya itu sangat menghibur. Tidak percaya? Lihat saja video tingkahnya di bawah ini :


Melihat tingkah yang bisa dikeluarkan oleh Cozmo ini seperti tidak sedang bermain dengan robot. Ya jadinya enggak mikirin deh pusing-pusing proses dibalik layar pembuatan AInya. Sepertinya cocok sekali untuk dijadikan pengganti hewan peliharaan. Bisa bermain bersama.

Cozmo di atas meja - theverge.com
Anki sendiri berharap Cozmo ini kelak menjadi platform untuk pengembangan robot di masa mendatang. Harapannya tentu kelak, manusia bisa mengembangkan AI robot yang lebih advance dari yang ada sekarang. Bukan hanya bermain dan jahil saja seperti yang Cozmo lakukan.

Mungkin kelak, robot bisa jadi pendengar curhat yang baik. Atau kalau perlu bisa memberikan saran-saran pada si tukang curhat agar terselesaikan masalahnya. Jauh dari itu, tentu robot pada masa mendatangkan dapat membantu manusia menyelesaikan tugasnya. Ya semoga saja bisa terwujud.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment