Teknologi Jaket Airbag Untuk Pengendara Motor

Jaket airbag yang mengembang pada percobaan tahun 2006 - autoevolution.com
Bagi penggemar motoGP pasti sudah sangat mengenal teknologi keselamatan bagi para atlit balap motor ini. Dari mulai helm hingga jaket, pasti sudah kenal betul bagaimana pembalap-pembalap top dunia tersebut sangat dilindungi. Dan tingkat keamanannya pun sangat diperhatikan.

Seperti yang ditampilkan pada gambar utama di atas. Itu adalah percobaan untuk jaket yang memiliki airbag. Dan percoban tersebut dilakukan pada tahun 2006. Iya, sekitar 10 tahun yang lalu sudah ditemukan teknologi airbag pada jaket untuk menjaga keselamatan pengendara motor.

Mungkin belum banyak diketahui, kalau airbag yang tertanam pada jaket ini sudah hadir bahkan sejak tahun 2000 lalu. Dan tentunya teknologi ini dipasang pertamakali pada pembalap-pembalap motoGP. Perlu diketahui, jaket airbag ini terus berkembang bahkan hingga saat ini mungkin sudah generasi ke 4 dari pengembangannya. Dan jaket airbag ini disebut Dainese D-Air.


Bisa dilihat lah ya pada video di atas bagaimana perkembangannya. Pada tahun 2000, jaket mengembang benar-benar seperti bola. Si pengendara di dalamnya tiba-tiba menggendut seperti bola. Lucu juga ya, seperti bola biliard. Kemudian sejak tahun 2006, udara baru mengembang seperti gambar utama. Melindungi lengan atas, leher dan kepala.

Baru sejak 2009, Airbag pada jaket pembalap ini mengembang sangat elegan. Tidak ada lagi balon-balon yang mengembung dari jaket pembalap. Semua seolah terjadi di dalam jaket pembalap saja. Seolah menyelamatkan dalam senyap.

Teknologi jaket airbag yang khusus balap ini pelan-pelan dikenalkan untuk umum. Beberapa brand sepertinya mengembangkan jaket dengan airbag ini. Salah satu yang menonjol adalah Helite Airbag. Seperti testing produknya di bawah ini :


Sudah lihat? Asik ya, tiba-tiba menggembung saat lepas dari motor. Menggelinding juga tetap tenang.

Tapi....

Jaket ini masih perlu alat bantu berupa tali yang dipasangkan pada badan motor. Tidak seperti teknologi yang dikenalkan Dainese. Tanpa kabel dan tanpa tali yang terhubung pada motor, bisa mengembang sendiri jika membahayakan. Sepertinya Helite Airbag ini masih perlu lebih mengembangkan teknologinya.

Tapi tunggu dulu, untuk yang dijual bebas, masih ada lagi yang namanya TechAir. Ini adalah project yang dikembangkan oleh Alpinestars. Anggap saja sudah tahu lah ya apa itu Alpinestarts. Pokoknya TechAir ini sejenis product yang dikeluarkan Alpinestarts yang fungsinya kurang lebih sebagai pengaman pengendara motor.


Yang keren, teknologi ini mirip seperti yang digunakan oleh para pembalap. Jaket Airbag dari TechAir ini seperti D-Air milik Dainese. Memiliki banyak sensor pada lebih dari 4 titik jaket. Berupa ekstensi yang bisa dipasangkan untuk semua jaket Alpinestarts.

Canggih dan bikin aman!

Harganya cari tahu sendiri lah ya.....
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment