Ini Toh 10 Sneakers Legendaris

Potongan sepatu legendaris
Tahu sneakers? Sekarang sih orang yang pakai sneakers itu identik dengan anak muda. Atau setidaknya orang yang memiliki jiwa muda. Tapi ternyata sneakers dikenal sejak abad ke 18. Dikenalkan di Inggris kala itu dengan nama plimsolis. Dan sepatu jenis ini tidak mengenak kaki kanan atau kaki kiri. Keduanya sama.

Mungkin dari kata plimsolis ini kemudian dikenal dengan teknologi alas kaki yang kemudian diberinama sol sepatu.

Lalu pada tahun 1892, US Rubber Company menciptakan sneakers yang lebih nyaman dengan bahan karet dan kanvas. yang disebut Keds. Sepatu tersebut kemudian dikenal dengan sneakers karena orang yang memakainya langkahnya tidak terdengar, seperti sedang mengendap-endap. Atau bahasa inggrisnya sneaking.

Baru lah pada tahun 50an masuk sebagai alas kaki penuh gaya (fashion). Dari sini lah kemudian bermunculan merk dan produk yang legendaris.

Nike Air Jordan 1



Ini nih sepatu legendaris yang dipakai Michael Jordan dalam karir Bola Basketnya yang gemilang. Nike berani mengontrak Jordan yang kala itu masih belum terkenal. Seperti sedang bertaruh, Nike banyak menggelontorkan uang agar sepatunya ini dipakai Jordan.

Maka Jordan yang kemudian semakin terkenal juga melambungkan sepatunya ini. Jadi wajarlah kalau sepatu ini kemudian menjadi legenda juga. Karena banyak anak-anak basket kala itu akan merasa jago seperti Jordan saat menggunakan sepatu ini.

Adidas Stan Smith



Adidas awalnya mengukuhkan diri sebagai sepatu tenis. begitu juga dengan sepatu legendaris ini. Ditujukan untuk Stan Smith yang juga merupakan atlit tenis. Hebatnya, pada tahun 1988 Adidas tercatat oleh Guinnes Book of World Record karena sukses menjual 22 juta pasang sepatu Stan Smith ini.

Sepatu model ini sebenarnya pertamakali diluncurkan pada 1963, baru pada tahun 1971 berganti nama Stan Smith seiring dengan atlitnya yang bernama Stan Smith. Dan nama Stan Smith pun kemudian disematkan pada badan belakang sepatu.

Converge All Star

Familiar dengan sepatu ini? Buat anak-anak era 90an pasti kenal banget sepatu ini. Terutama yang berwarna hitam. Ini seolah jadi sepatu wajib anak-anak pramuka kala itu.

Tapi ternyata sepatu ini sudah diluncurkan sejak 1932. Sebagai sepatu olahraga, Converge All Star banyak digunakan untuk bermain basket. Semakin terkenal di kalangan anak muda sebagai sepatu teman bermain sehari-hari. Dan sekarang, banyak sekali bajakan untuk sepatu model ini.

Reebok Pump



Pertama kali dikenal sejak tahun 1989. ditujukan untuk bermain tenis dan dikenakan banyak atlit tenis dunia termasuk Michael Chang. Baru kemudian masuk ke bidang basket setelah digunakan oleh Dee Brown pada tahun 1991.

Yang membuat sepatu ini fenomenal karena sukses terjual lebih dari empat juta pasang. Padahal harganya sudah mahal kala itu, 170 dollar. Keren ya.

Puma Suede


Bisa dibilang Puma ini pecahannya Adidas. Karena didirikan oleh Rudolf Dassler setelah berpisah dari saudaranya Adi Dassler yang bersama-sama mendirikan Adidas. Sepatu Suede ini menjadi ikonik lantaran kejadian The 1968 Olympic Black Power Salute. Adalah momen saat Tommy Smith dan Carlos meraih medali emas dan perak pada Olimpiade 1968.

Suede semakin berjaya di era hiphop pada era 80an. dan hingga kini tidak bisa dilepaskan dari budaya B-Boy.

Nike Air Force 1


Dikenalkan pertama kali pada tahun 1982 dan merupakan teknologi air dari Nike yang dirancang Bruce Kilgore. Sepatu ini didedikasikan untuk para atlit basket. Dan saya termasuk yang mengagumi sepatu ini pada 2000an awal. Entah sugesti atau memang benar, pada saat main basket menggunakan sepatu ini terasa bisa melompat lebih tinggi.

Diperkirakan dari sepatu ini saja, Nike menghasilkan 800 juta dollar. pertahun. Walaupun sempat dihentikan produksinya pada tahun 1984, sepatu ini kembali diproduksi lantaran desakan para fans.

Adidas Superstar 



Anak skateboard pasti kenal sama sepatu ini. Karena sepatu ini seperti pondasi awal untuk bermain skateboard. Pertamakali diluncurkan pada tahun 1969 yang awalnya dikenalkan untuk atlit basket namun semakin populer untuk kalangan pemain skateboard.

Semakin populer karena Run-DMC yang merupakan grup hiphop legendaris AS menggunakan sepatu ini sebagai identitas mereka. Dan karenanya, sukses membuat banyak anak muda AS meniru gaya mereka yang pastinya melambungkan penjualan sepatu ini.

Onitsuka Tiger Corsair



Seperti namanya, sepatu ini berasal dari Jepang. Diciptakan untuk membangkitkan semangat anak muda Jepang yang kala itu terpuruk karena perang. Onitsuka sukses membangkitkan semangat anak muda Jepang dengan olahraga joging.

Onitsuka sukses menarik perhatian Bill Bowerman yang kemudian mengimport Onitsuka ke Amerika. Siapa sangka Onitsuka laku keras. Namun terjadi perselisihan antara pihak Bowerman dan Onitsuka yang kemudian membuat Bowerman mundur dan mendirikan Nike.

Jadi wajar kalau Colin Brickely, Manager of Sales and Marketing Onitsuka Tiger mangatakan "Inilah sepatu yang melahirkan Nike".

New Balance 574


Setiap sepatu New Balance menamai sepatunya dengan angka. Dan 574 ini yang paling legendaris. Dipakai sederet selebritis hiphop AS, termasuk Pharell, Mas Def, dan Raekwon dari Wu-Tang Clan. Dan juga pernah digunakan atlit legendaris Dick Beardsley pada tahun 1982

Sebelum munculnya label-label sepatu olahraga lain, New Balance sudah menjaga kaki para atlet sejak tahun 1906.

Vans Authentic


Pada tanggal 16 Maret 1966, Paul Van Doren dan saudaranya, Jim Van Doren, serta Gordon Lee dan Serge Dalia membuka pintu Van Doren Rubber Company untuk pertama kalinya di California, AS. Baru pada tahun 70an keluar lini untuk skateboard.

Lini ini berhasil membawa Van ke dalam kejayaan. Karena banyak para pemain skateboard legendaris menggunakan sepatu ini untuk mengikuti kompetisi. Dan menang!

Itu lah kira-kira 10 sneakers legendaris yang dicatat!

sumber : vik.kompas.com
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment