Film Batman V Superman Sebagai Pembuka Justice League

Batman, Superman, Wonder Woman - cnbc.com
Mungkin banyak orang yang bilang kalau film ini jelek. Tapi bagi saya yang seorang penyuka film amatiran menganggap cerita di film ini sangat jenius. Iya, sangat jenius. Karena tokoh jahat di film ini begitu luar biasa dalam film ini. Salut untuk Zack Snyder yang sukses menggambarkan tokoh Lex Luthor sebagai sosok jahat lemah yang super jenius.

Penilaian berikutnya sangat subjektif, karena saya hanya angkat betapa jeniusnya si Lex Luthor seperti yang saya tulis pada artikel Joker si Penjahat Berkarakter.

Oke, dalam cerita di film ini, Metropolis tempat Superman sebagai superhero dan Gotham tempat Batman beraksi berada dalam satu dimensi dan satu dunia. Bruce Wayne si Batman punya cabang di Metropolis yang hancur lebur saat serangan alien. Mungkin ini merujuk pada film Man of Steel dimana Superman harus melawan alien super yang masih satu kampung dengannya. Wayne melihat sendiri bagaimana gedung kantornya runtuh dengan melihat karyawan-karyawannya mati dan menderita. Salah satu karyawannya nanti kemudian diperdaya oleh Lex. Nanti aja Ceritanya.

Okeh, sampai disini terbangun rasa ketidaksukaan Wayne pada Superman. Wayne menganggap tidak boleh ada manusia super yang bisa berlaku seenaknya di bumi. Superman itu berbahaya dan membahayakan menurutnya. Cukup lah ya cerita soal kebencian Batman terhadap Superman.

Lex Luthor - polygon.com
Bagaimana soal kebencian Superman terhadap Batman? Clark Kent yang seorang jurnalis tentu memiliki banyak sekali informasi tentang dunia kejahatan. Termasuk salah satunya berita miring tentang Batman di Gotham City yang seolah menjadi seorang hakim di kota tersebut untuk mengeksekusi para penjahat. Menurut Kent, Batman tidak layak mengeksekusi para penjahat tersebut.

Okeh, Batman dan Superman sudah saling benci hingga saling ingin membunuh. Tapi dengan tangan Lex yang dingin, sosok Superman dibuat menjadi sangat jahat di mata dunia. Dibuat sedemikian rupa menggambarkan bahwa sosok Superman adalah sosok pembunuh. Bahkan dengan menggunakan kebencian karyawan Wayne yang lumpuh, Lex sukses memporakporandakan Capitol tempat dimana Superman sedang diadili. Ya ceritanya masyarakat dunia melalui tangan Amerika ingin Superman berhenti bertindak sebagai pahlawan.

Lois Lane - digitalspy.com
Nah, pelan-pelan fakta bahwa Lex berada dibalik perseteruan Batman Superman ini dibongkar oleh Lois. Kent yang kekasih Lois tentu mendengar perkataan Lois, tapi tidak dengan Batman. Dengan nafsu membunuh Superman dengan batu Krypton yang sudah di tangan, Batman seolah menjadi seorang yang keras kepala.

Superman urung melawan Batman. Tapi Lex menyandra Martha ibunya. Meski sudah menyelamatkan Lois dari ketinggian, ternyata Superman si anak mama itu menurut permintaan Lex untuk melawan Batman. Maka terjadilah pertempuran dahsyat antar keduanya.

Singkat cerita mereka berdua sadar dan bahu membahu untuk melawan Lex. Lex berhasil menciptakan Doomsday yang merupakan hasil rekayasa dari mayat alien musuh Superman. Doomsday yang sangat dahsyat ini tentu memancing si cantik Wonder Woman untuk muncul turut membantu.

Maka terjadilah pertempuran melawan Doomsday ini. Mereka bertiga sukses mengalahkan Doomsday, menyelamatkan Martha dan menangkap Lex. Dunia kembali damai dan sentosa.

Nah terus darimana hubungannya dengan Justice League?

Begini, saat mencari kelemahan Superman, Wayne sempat membobol database milik Lex Corp. Dalam database tersebut terdapat rekaman dan data-data mengenai Wonder Woman, The Flash dan Aquaman. Lihat saja nanti, pasti akan ada kelanjutan dari para superhero DC. Seolah tidak mau kalah dengan Civil War punya Marvell, DC juga siap bersaing meramaikan film-film superhero mendatang.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment