Ban Anti Selip ya Begini

Ban motor off road - otozones.blogspot.co.id
Ban Tahu!

Begitu kata teman saya yang hobi offroad. Merujuk pada ban yang bentuknya menonjol-nonjol kotak-kotak seperti tahu. Ban ini sangat mantap untuk jalan tanah yang tidak beraspal. Saya sih belum pernah coba naik motor offroad di jalan tanah, tapi saya sudah pernah jajal motor offroad dengan ban tahu ini di jalan aspal. Enggak enak euy, serasa licin dan kurang menggigit aspal.

Ya iyalah! Coba bedakan deh bentuk ban untuk offroads dengan ban yang biasa digunakan untuk balapan di sirkuit balap. Sangat bertolak belakang.

Nah, bentuk yang menonjol-nonjol ini berfungsi untuk mencangkul tanah saat menerabas jalan tanah dan jalan licin. Jadi, karena konsepnya mencangkul tanah, tonjolan ini akan lebih mudah mencengkram tanah lunak dan membantu dorongan roda lebih mantep.

Baca : Tips Memilih Ban Motor Terbaik.

Lantas bagaimana kalau ban yang untuk on the road terpaka digunakan untuk jalan tanah alias off road? Begini caranya :

Lapisi dengan rantai atau pelastik

Sudah banyak dijual sekarang istilahnya tire chain. Jadi semacam rantai yang dililit pada ban untuk memudahkan pergerakan ban agar tidak selip. Teknologinya ada dua, ada yang terbuat dari besi berbentuk rantai, atau yang terbuat dari plastik. Biasanya digunakan untuk daerah bersalju.

tire chain dengan karet atau rantai
Alasi dengan Grip Track

Sebenarnya ini salah satu cara yang agak PR. Soalnya ban harus dialasi terlebih dahulu jalurnya dengan alat ini agar lebih menggigit. Fungsinya sama persis sih dengan yang sebelumnya. Hanya saja tata cara penggunaannya yang berbeda. Kalau yang di atas dipasang pada ban. Yang ini dipasang di tanah.


Tire chain automatic

Ini dia yang paling mudah dan ringkes. Konsepnya sama seperti tire-chain. Hanya saja ini mungkin versi otomatisnya. Mungkin jika dibalik kemudi hanya tinggal klik dan jalan. Maka secara otomatis rantai akan berputar-putar membantu pergerakan ban. Seperti ini videonya :


Begitu lah kira-kira beberapa cara ban anti selip. Ya kalau tidak ada benda-benda di atas, siap-siap saja dengan batu dan kayu ya. Satu hal yang perlu diingat, Semangat!!!
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment