Landasan Pesawat Berbentuk Lingkaran Lebih Efisien?

Bandara dengan landasan melingkar - endlessrunway-project.eu
Umumnya kita melihat landasan pesawat baik untuk lepas landas ataupun mendarat selalu lurus. Namun ada ide baru yang mengatakan baiknya landasan pesawat dibuat lingkaran. Karena banyak sekali keuntungan yang bisa diraih dari landasan pesawat yang melingkar ini.

Adalah Henk Hesselink salah seorang peneliti dari Netherlands Aerospace Center yang mendukung salah satu ide besar ini. Landasan akan dibuat agak miring dengan turun ke tengah. Menurutnya penumpang tidak akan merasakan efek sentrifugal yang ditimbulkan saat lepas landas ataupun mendarat. Menurutnya, setidaknya ada 3 manfaat dari landasan lingkaran ini. Keuntungan itu adalah :

1. Arah yang ditentukan bebas

Tahu kan kalau landasan lurus, sementara harus balik arah atau belok ke kanan pesawat akan melakukannya setelah lepas landas sambil menanjak. Menurut Hesselink ini tidak efisien dan landasat melingkar ini bisa mengatasinya. Bisa menuju arah manapun.

2. Bisa terbang atau mendarat bersamaan

Pada landasan lurus, bisa dibuat lepas landas atau mendarat lebih dari satu pesawat ketika jalurnya dibuat lebih dari 1. Tapi untuk landasan melingkar ini, bisa melayani lepas landas atau mendarat secara bersamaan hingga 3 kegiatan. Itu kata Hesselink.

3. Lebih ramah lingkungan

Kenapa ramah lingkungan? Karena arahnya langsung dan tidak perlu berputar, Maka pembakaran bahan bakarnya lebih irit. Pembakaran lebih irit, artinya pembuangan juga lebih sedikit. Artinya lebih ramah lingkungan.

Bisakah landasan model begini diimplementasikan? Katanya sih untuk penerbangan komersil tidak akan pernah disetujui. Simak video di bawah ini :

Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment