4 Tools SEO yang mesti diketahui

niko-riansyah
Niko Riansyah

Ini kali pertama ikutan acara offline dari Komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur). Pada episode kumpulan offline Komunitas ISB ini mengangkat soal SEO Zaman Now. Dipaparkan oleh seorang Digital Marketer, Niko Riansyah.

Yang membuat saya tertarik ikut tema ini karena yang namanya mesin pencari itu pasti berevolusi. Dengan semakin mudahnya kita menciptakan konten, maka algoritma mesin pencari juga harus berubah, agar tepat sasaran.

Hal paling pertama yang dikenalkan Niko adalah soal jenis SEO. Secara sederhana ada dua,


On Page, optimasi yang bisa dilakukan di dalam website. Bisa berupa tags pada judul, disiplin menggunakan format tulisan, berikan deskripsi yang jelas pada website, hingga yang terakhir soal penempatan dan kerapatan keyword.

Kalau diibaratkan orang, ya perlu dilihat dulu bagaimana wujudnya. Seperti apa penampilannya. Lantas meyakinkan atau tidak.

Off Page, optimasi yang bisa dilakukan di luar website. Secara sederhana diartikan penempatan backlink di luar website. Bisa dari social media, website lain, atau pun forum.

Lagi nih ya, kalau diibaratkan orang, dilihat juga bagaimana kata orang. Jangan-jangan penampilan perlente yang meyakinkan itu salah. Ternyata banyak orang yang kena tipu.

Sekarang yang paling penting adalah evaluasi. Evaluasi seperti apa website kita di luaran, dan bagaimana penilaiannya. Berikut 4 senjata yang dikenalkan Niko :

1. SEO Checker

Yang pertama dikenalkan seositecheckup.com. Ini adalah tools untuk melihat seperti apa SEO friendly yang sudah dimiliki oleh website kita. Cukup masukan URL situs yang ingin diperiksa, maka secara otomatis akan mengeluarkan skor terhadap poin-poin yang ditentukan dalam SEO.

Bagaimana dengan ghumi.id? Begini hasilnya :


Lumayan lah ya ada di angka 73%. Walaupun masih warning. Dari 48 poin yang diperiksa, ghumi.id lolos sebanyak 35 poin. Dari hasil pantauan ternyata bagian Speed yang masih jadi PR. Ya jelas lah, suka seenaknya upload gambar juga. Jadi load-pagenya tinggi.

2. Plagiarism Checker

Mencontek itu haram hukumnya. Ini juga yang dibenci oleh Search Engine. Kalau ada artikel yang dipublish ternyata meniru, wah bahaya. Kredibilitas situs kita di mata mesin pencari bisa anjlok. Makanya dikenalkan plagiarism-checker oleh Niko. Alamatnya bisa diakses di smallseotools.com/plagiarism-checker


Cara pakainya sederhana, bisa salin artikel yang ingin dianalisa, atau upload dalam bentuk dokumen. Lalu biarkan tools ini bekerja. Ini contoh hasilnya :


3. Google Search Console

Selanjutnya tools yang dimiliki oleh mesin pencari itu sendiri. Google Search Console ini adalah tools yang memperlihatkan kata kunci apa saja yang digunakan untuk menuju situs kita. Tentu tidak ujug-ujug keluar hasilnya. Kudu disetting dulu, caranya lihat pada video di bawah ini :


Seperti yang disebutkan, tools ini menampilkan nilai website kita di mesin pencari google. Intinya sih kalau punya pertanyaan ini, terjawab dengan Google Search Console.

  • Kata kunci apa saja yang menggiring orang menuju website kita?
  • Artikel kita ada di urutan berapa untuk kata kunci tersebut?
  • Pada halaman berapa artikel di situs kita tampil untuk kata kunci tersebut?
4. Google Analytic

Ini yang terakhir dan tidak kalah penting. Sekilas mirip dengan Google Search Console, bedanya sudut pandangnya tidak berdasarkan kata kunci pada mesin pencari. Ini lebih independen, melihat bagaimana pergerakan situs yang kita miliki.


Biar lebih sreg dan paham soal Google Analytic, lihat video di bawah ini :


Kalau sudah lihat 4 senjata di atas, evaluasi lebih dalam mau dibawa kemana blognya. Apa yang sudah bagus, dan apa yang belum bagus. Setidaknya bukan SEOnya yang dikejar, minimal blognya sehat.

Udah gitu aja.

Share on Google Plus

1 komentar :

  1. Ilmu SEO nya keren dan bermanfaat utk naikin page rate nih..

    ReplyDelete