Google Code akan Diwafatkan, Segera Lakukan Backup!


Mungkin bagi orang awam IT Development nama google-code terdengar sangat asing di telinga. Namun bagi seorang IT Development, google-code adalah salah satu media penyimpanan source code yang berguna. Google-code bisa dibilang semodel google-drive-nya bagi IT Development. Penggunanya bisa menyimpan project aplikasi di sana lengkap dengan segala macam versi dan segala macam dokumen penjelasannya. Google-code memiliki wiki-nya sendiri.
Namun kabar kurang menyenangkan datang pagi ini. Sekitar pukul 8 pagi tadi Google memberikan pengumuman bahwa layanan google-code akan dihentikan. Rencananya terhitung tanggal 12 Maret, sudah tidak bisa membuat project anyar.
Imbas dari pemberitahuan ini, google menyarankan untuk setiap pengguna google-code untuk mulai melakukan pemindahan data-data di dalamnya dalam tempo. Selain itu google juga menjelas timeline penutupan layanan google-code sebagai berikut :
  • March 12, 2015 - Fitur pembuatan project baru tidak bisa diakses.
  • August 24, 2015 - Situs dalam status read-only. Tetapi pengguna masih dapat melakukan checkout/melihat project source, melihat catatan project dan melihat catatan di dalam wiki.
  • January 25, 2016 - project hosting service akan  dihentikan. Pengguna hanya dapat melakukan pengunduhan project source, issues dan wiki. Proses ini akan berlangsung sepanjang tahun 2016.
Jangan lupa selamatkan data-data anda di google-code. Pindahkan saja data-data project source anda pada Code Project Hosting yang lain seperti Github dan Codeplex. Atau kalau mau lebih private, buat saja server SVN sendiri. 
Semoga berguna.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment