5 Keperkasaan Indonesia Hadapi Bom Sarinah


Ada pesan berantai yang beredar melalui WhatsApp dan postingan di media sosial terkait peristiwa bom di Sarinah tadi siang. Pesan tersebut berpesan agar tidak perlu bikin hashtag apapun di social media terkait peristiwa ini. Karena jika hashtag menjadi trending dan kemudian populer, dikhawatirkan akan muncul kecemasan investor sehingga enggan menanam modalnya di Indonesia. Selanjutnya karena tidak ada investor, akan menjadikan suku bunga naik, kredit macet, rupiah lemah, kemudian krisis.

Sedikit ada benarnya juga sih bahwa rentetan kejadian tersebut bisa saja terjadi. Tapi perlu diingat juga, kita Indonesia ini bukan burung perkutut. Kita, Indonesia adalah BURUNG GARUDA yang gagah di angkasa. Inilah 5 hal yang membuat kita sebagai BURUNG GARUDA.

1, Gotong Royong

Masih ingat dong dengan pelajaran Pendidikan Moral Pancasila? Atau yang sudah berevolusi menjadi PPKn? Atau PKN? Di sana jelas diajarkan bahwa kita sebagai bangsa yang besar harus siap untuk saling tolong menolong dan gotong royong untuk menyelesaikan masalah.


Gambar di atas adalah salah satu bentuk solidaritas kita sebagai bangsa Indonesia terhadap sesama. Gambar di atas bukanlah sepasang kekasih yang sedang bergandengan. Namun seorang pengemudi Gojek yang menolong korban bom. Kalau sempat melihat video atau foto lengkapnya, mbak berhelm biru itu kakinya terluka dan berdarah-darah.

Hal lain yang patut dibanggakan adalah bukan hanya manusia-manusia Indonesia saja yang gemar gotong royong dan tolong menolong. Namun brand sekelas Gojek dan Grab juga mengimplementasikan hal yang sama. Para pengemudinya rela menembus daerah rawan untuk mengantar penggunanya keluar menuju tempat yang aman.

2. Citizen Journalism

Mungkin bisa dibilang kita adalah bangsa paling kepo dan paling narsis di seluruh dunia. Segala momen sepertinya perlu diabadikan dengan baik dan harus dipajang di sosial media pribadi. Itu lah sebabnya informasi mengenai kejadian bom di Sarinah ini tersebar dengan cepat dan akurat. Bahkan banyak awak media yang comat-comot dari akun sosial media yang pemiliknya mungkin mempertaruhkan nyawa di TKP untuk mendapatkan foto-foto eksklusif.


Satu sisi keponess bangsa ini menjadikan informasi beredar semakin kaya dan akurat. Namun sisi lain justru menambah korban. Karena banyaknya warga yang berkerumun menonton ketika aksi terjadi.

3. Ekonomi Tangguh

Tahu kenapa banyak negara-negara yang runtuh ekonominya?!? Salah satunya adalah karena mereka-mereka itu malas dan tidak mau bekerja. Sepertinya bangsa ini dijamin untuk tangguh ekonominya. Betapa tidak, dalam kondisi genting penuh ketegangan dan rasa takut saja masih banyak yang memanfaatkan momen ini untuk berdagang.


Ada gula maka ada semut. Selain pedagang yang memanfaatkan keramaian, para 'penonton' bom Sarinah ini juga tidak segan untuk membeli dagangan dari mereka yang melintas. Bukan hanya warga biasa saja yang tertolong lapar dan dahaganya. Tapi juga anggota TNI di bawah ini seolah memberi contoh pada yang lain agar tetap tenang dan tetap berekonomi.


4 Kita Kreatif

Ramalan bahwa ekonomi kreatif akan meraja di ekonomi dunia sepertinya bakal dimulai dari negara tercinta ini. Terbukti ketika Paris terjadi bom, hanya beredar 2-3 logo saja. Lantas dari 2-3 logo tadi disepakati satu logo untuk jadi ikon yang mendunia. Hal tersebut tidak berlaku di Indonesia. Setiap individu bisa dengan bebas membuat logo sesuka hati. Semua ide kreatif ini tertuang dalam gambar-gambar cantik penuh pesan.

Jangankan cuma logo #prayforjakarta, meme lucu-lucuan setelah kejadian ini pun banyak bermunculan. Salah satunya dengan mengambil tema kopi seperti gambar di bawah ini.


5. Aparat Kita Keren

Ini yang kelima dan harus diakui bahwa aparat keamanan kita ini keren. Mereka sigap sekali menghadapi teroris. Dan ingat, bukan cuma teroris yang dihadapi, mereka juga sigap dan sabar para citizen journalism yang mengganggu jalannya operasi.


Jakarta tidak perlu menunggu hingga gelap untuk menyelesaikan aksi teror hari ini. Dengan aparat-aparat yang sigap dan bekerja dalam senyap, mereka berhasil menyergap para pelaku. Kebanyakan dari pelaku meregang nyawa. Tapi ada juga yang dibekuk tak berdaya.

Salute untuk Polisi dan TNI. Kalian JOSS..!!!
____

Itu lah sedikitnya 5 hal yang mampu membuat kita berbangga diri dalam menghadapi masalah bom. Jangan khawatir akan terjadi krisis di negara ini. Ingat..! Kita ini adalah BURUNG GARUDA..!!!



Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment