Ini Moranbong Band, Girl Band dari Korea Utara

Performa Moranbong diambil dari Youtube Channel DPRK Music

Mendengar istilah komunis rasanya begitu sakral dan menggetarkan. Betapa tidak? Kata komunis sungguh lekat dengan tragedi yang pernah terjadi di Indonesia pada tahun 1965. Dikenal dengan istilah Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (PKI). Konon kejadian tersebut adalah gerakan makar yang diprakarsai oleh PKI untuk mendompleng hegemoni Angkatan Darat. Hingga sekarang pun beredar berbagai versi untuk kejadian tersebut.

Gambaran komunis yang buruk sukses melekat pada negara-negara Komunis. Seperti Korea Utara contohnya. Semenanjung Korea, awalnya dianeksasi (diambil paksa) oleh Jepang setelah perang Jepang-Rusia pada tahun 1905. Baru setelah kekalahan Jepang pada perang dunia II, semenanjung Korea dibagi kekuasaannya atas Sovyet dan Amerika Serikat. Karena Korea Utara dikuasai oleh Sovyet, maka paham komunis jelas mengakar di negara ini selanjutnya.

Berita mengenai Korea Utara selalu terkesan membosankan dan mencekam. Semuanya benar-benar teratur dan tertib. Semua harus sesuai dengan instruksi pimpinan tertinggi. Termasuk soal hiburan, Kim Jong-un selaku pemimpin tertinggi Korea Utara berusaha memenuhi kebutuhan akan hadirnya hiburan berupa band pop modern. Untuk itu dibentuklah Moranbong Band. Atau lebih dikenal sebagai Moran Hill Orchestra.

Ada yang unik, Moranbong Band seluruhnya terdiri dari wanita. Dan semuanya dipilih langsung oleh pemimpin tertinggi Kim Jong-un. Kalau dilihat dari tampilannya, sepertinya wanita-wanita penuh bakat ini juga sudah ditempa sebelumnya dalam latihan militer. Sangat terlihat sekali bentuk tubuh yang sintal namun berisi dan atletis. Jangan macam-macam dengan mereka, sekali gibeng bisa gaswat.



Sepertinya bukan hanya anggotanya saja yang dipilih. Namun lagu yang dibawakan juga sepertinya harus berdasarkan persetujuan pimpinan tertinggi. Lihat contoh lagu di atas yang sudah memiliki subtitle bahasa inggris. Judul dan lirik lagunya sungguh mendidik. Let's Study. Adalah ajakan untuk pendengar agar terus belajar tidak kenal lelah demi bangsa dan negara. Sungguh agenda mulia untuk membentuk generasi penerus.

Kualitas musik Moranbong Band ini tidak perlu diragukan lagi. Penuh talenta dan mahir. Sempat terpikir juga sih, jangan-jangan kalau mereka salah nada, hukuman di belakang panggung sudah menanti. hehe. Untuk menikmati lantunan Moranbong Band bisa mengikuti channel Youtube DPRK Music Fan. Sebagai penutup, selamat menikmati salah satu konser Moranbong Band yang diunggah DPRK Music Fan berikut ini.



Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment