Rain.works Membuat Hujan Lebih Menyenangkan

rainworks - rain.works
Ah hujan, males banget ngantornya!

Begitu tuh yang saya lontarkan kalau pagi-pagi hujan. Ya mungkin banyak orang yang sebal saat hujan. Mereka merasa bahwa hujan itu gloomy dan murung. Paling enak itu hujan ya ada di rumah sambil minum atau makan yang hangat-hangat. Kalau terpaksa keluar, ya pasti menyebalkan.

Mungkin itu yang mendasari Peregrine Church saat mempelajari super-hydrophobic coating dari sebuah video online. Dia berpikir pasti akan menyenangkan jika benda ini dapat membuat orang tersenyum.

Oh iya, sedikit penjelasan. super-hydrophobic coating ini adalah semacam cairan yang mana jika melekat pada sebuah benda, maka benda tersebut tidak akan basah. Artinya benda tersebut akan tetap kering walaupun terkena air. Ya seperti jas hujan lah. Tidak akan basah dan menyerap air karena memang bahan jas hujan ya anti air. Jadi kalau ada lantai yang dilapisi cairan ini ya tidak akan basah.

Church melihat bahwa benda yang basah dan yang tidak basah akan menampilkan warna yang berbeda. Berdasarkan pemahaman inilah Church kemudian mencoba mengaplikasikan cairan yang dipelajarinya itu untuk membuat karya-karya yang hanya bisa dinikmati saat benda yang dilapisi terkena air.

Idenya adalah Berkarya saat hujan!


Setelah eksperimen video di atas pada tahun 2015 lalu di atas menjadi viral. Church banyak dikontak oleh orang-orang di dunia yang menginginkan cairan yang dia gunakan. Hingga sebuah perusahaan kimia mengatakan kalau Church bisa mewujudkan keinginannya.

Asik ya, dari iseng menjadi bisnis.

Maka dimulailah gerilya pembuatan cairan ini secara masal. Caranya dengan mendaftarkan project ini di kickstarter. Dan sukses!

Sekarang karya-karya dengna menggunakan cairan super-hydrophobic coating ini sudah menyebar hampir ke seluruh dunia. Sudah banyak sekali titik yang menampilkan video-video seni saat basah ini. Bahkan rain.works mengumpulkan 5 karya terbaik sepanjang tahun 2016. Ini dia videonya :


Asik banget ya? Hujan menjadi membuat lebih ceria. Karena pasti jadi momen yang berkesan saat hujan. Dan tentu kisah rain.works ini bisa jadi inspirasi untuk pemuda-pemuda yang membaca ini agar tetap berkarya. Stay Foolish, Stay Hungry! Kalau kata Steve Jobs.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment