5 Inovasi Jepang Yang Mengubah Dunia

Ilustrasi Jepang - JDLines.com
Sangat sedikit negara yang berkontribusi lebih dibandingkan Jepang untuk mencapai teknologi yang sekarang. Tahu laptop yang sedang kamu gunakan seakrang? Toshiba adalah perusahaan pertama yang memproduksi laptop secara masal. Emoji yang kita gunakan untuk email? Jepang duluan yang mulai. Bahkan menurut Forbes, Jepang menyumbang hampir 10% dari seluruh inovasi di dunia.

Orang-orang Jepang sekarang ini masih yang paling kreatif. Dan jauh sebelum Silicon Valley ditemukan, ada 5 inovasi dari Jepang yang banyak membangun dunia. Ini dia :

Kereta Peluru (1964)

Sebelum Hikari No 1 (kereta peluru pertama) rilis pada Oktober 1964, perjalanan dari Tokyo ke Osaka menjadi lebih mudah dan menjadi pilihan orang untuk berangkat kerja. Bayangkan saja, dengan kecepatan hingga 210 km/jam, perjalanan Tokyo ke Osaka bisa dipangkas hingga 4 jam. Sekarang perjalanannya hanya butuh waktu 2 jam saja. Dan sedang dibangun lagi kereta super cepat lain yang nanti targetnya pada 2027, Tokyo menuju Osaka cukup 1 jam saja.

Kalkulator (1970)

Ini bukan sembarang kalkulator, tapi kalkolator yang bisa masuk ke dalam saku. Sekarang sih gampang ya, tinggal keluarkan smartphone, semua beres. Coba dulu, oret-oret dulu di kertas kalau mau hitung-hitung. Ribet!


Walkman (1979)

Sekarang sih enak ya, ada spotify, bisa dengar langsung di smartphone. Dulu mah mana ada? Yang ada hanya kaset yang isinya pita magnet tempat menyimpan suara. Dengan cita-cita mobility kemudian terciptalah Walkman ini.



Lampu LED (awal 1990)

Pada awal 1990-an, tiga ilmuwan Jepang - Isamu Akasaki, Hiroshi Amano dan Shuji Nakamura - memicu revolusi pencahayaan ketika mereka berhasil menghasilkan cahaya LED biru dari semi-konduktor.

Penemuan ini membuka jalan bagi TV hemat energi, ponsel dan layar komputer, dan bola lampu hemat daya. Penemuan ini merevolusi abad ke-21, dan tiga ilmuwan dianugerahi 2014 Penghargaan Nobel dalam Fisika.

Professor Shuji Nakamura, Professor Isamu Akasaki and Professor Hiroshi Amano
Robot Android (2003)

Kita kenalnya Android itu brand OS Smartphone kan ya? Sebenarnya arti aslinya adalah robot yang menyerupai manusia. Berbentuk seperti manusia, bicara seperti manusia, dan bertingkah seperti manusia. Obsesi Jepang ini bisa dilihat pada karya-karya anime mereka.

Dan yang paling fenomenal adalah DER 01 yang kemudian merubah tatanan negeri tersebut pada 2015. Banyak yang mempekerjakan robot ini menjadi resepsionis.

Android DER generasi 2

sumber
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment