Bersiap-siap Menghadapi mandirihackathon.id


Bermimpi punya startup sukses sudah jadi keinginan pribadi. Ide dan usaha harus bisa sejalan. Ide yang keren, orisinil dan menjual, jika tidak didorong dengan usaha yang luar biasa tentu hanya jadi tumpukan kertas di meja saja. Atau bahkan hanya akan berakhir di tempat sampah. Sementara ide yang biasa, jika dikerjakan secara serius dan istiqomah, tentu bisa menjadi SESUATU.

Itu lah sebabnya kenapa saya sangat tertarik mengikuti ajang mandirihackathon.id yang disponsori oleh Bank Mandiri (dengan produk mandiri e-cash) dan IBM Bluemix yang dikelola oleh Tech In Asia. Sebenarnya saya dapat info ini dari Feby untuk informasi ini. Saya dan Feby ini teman kuliah dan kami pernah tergabung dalam c-aio.

Kami bersama beberapa teman lain punya keinginan untuk punya startup juga. Dulu waktu kuliah, kami punya mimpi untuk punya company yang jalan mandiri dan sukses. Sementara kami-kami ini hura-hura dan bermain DoTA sepanjang hari bermain bersama. Pokoknya siapa pun yang duluan berhasil, harus disupport dan dibantu dengan segenap hati.

Karena spirit itu lah, saya muter-muter cari ide untuk ikutan mandirihackathon.id. Bukan hanya saya saja yang daftar, masing-masing teman saya juga ikut daftar. Sedikitnya ada 3 orang lain yang mendaftar. Karena basisnya adalah mandiri e-cash, basis ide produk yang kami telurkan juga tidak jauh-jauh dari produk Bank Mandiri tersebut. 4 ide sudah disalurkan dan didaftarkan tinggal menunggu hasilnya.

* * *


Hari pengumuman tiba. Dengan semangat saya langsung membuka email yang dikirimkan. Ternyata ide yang saya daftarkan tidak berlanjut untuk kompetisi tanggal 26-27 Februari 2016 nanti. Hari itu saya lantas sibuk mengontak teman-teman saya yang ikut juga mendaftarkan idenya di kompetisi ini. Dari 3 teman saya, ternyata ada satu teman yang terpilih.

Aldi Nugraha temanku ini ternyata dengan gagah lanjut ke babak berikutnya dengan gasspoll.com miliknya. Pembicaraan grup mulai riuh. Dan benar gasspoll.com terpilih lanjut dalam kompetisi ini. Langsung saja hari jum'at Aldi ini menuju Jakarta. Sekalian menjenguk anak saya yang baru lahir dan kumpul-kumpul dengan Feby untuk membicarakan lebih lanjut tentang mandirihackathon.id ini.

Ternyata hari itu (Jum'at 22 Januari 2016)  adalah technical meeting untuk mandirihackathon.id. Kami pun didapuk untuk hadir di sana.

A photo posted by Fahmi Idris (@fahmi_gemblonk) on

Technical meeting yang diadakan di Mandiri University ternyata memiliki jadwal yang cukup padat. Semua perwakilan komponen mandirihackathon.id hadir menjelaskan skema kompetisi ini berikut teknis yang melengkapinya.

Sianny Gandasasmita (IBM) menjelaskan mengenai Tips and Trick Mandiri Hackathon dan menjelaskan singkat mengenai Design Thinking. Kemudian ada juga Denny Muktar (IBM) yang menjelaskan teknis detil mengenai IBM Bluemix. Disambung oleh Fikri Ilyas (PT DAM) yang menjelaskan tentang e-cash API. Terakhir dilanjut dengan tema Empower your app with mandiri e-cash API & Bluemix.


Ada 92 peserta yang ikut terpilih. Artinya gasspoll.com kudu bersaing dengan 91 peserta lainnya. jumlah yang fantastis untuk sebuah hackathon dengan hadiah 80 juta ini. Selain itu, 10 besar dari mandirihackathon.id ini akan otomatis diikutsertakan pada kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) kategori Teknologi dan otomatis masuk 40 besar.

Persaingan mandirihackathon.id ini akan menjadi semakin gila mengingat jika juara dari WMM ini akan disuntik dana modal sebesari 5 MILYAR dari Mandiri Capital. Selain itu tentu pemenang WMM ini akan dibina dan dipupuk oleh Mandiri untuk menjadi pengusaha mandiri. Jadi 5 MILYAR itu bisa benar-benar jadi modal usaha yang terus berputar menjalankan usaha.

Dapat modal 5 MILYAR maaaannnn...
Buat yang menang....
Semoga ini jadi jalan pembuka untuk cita-cita kami membuat startup.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment