Karya Anthony Howe Mengingatkan Pada Screen Saver Jadul dan 1x Jbret

Ilustrasi gerak kinetik (3dstudiok.wordpress.com)

Screen saver yang sekarang ada di komputer rasanya sudah tidak berarti lagi. Kalau dulu, screen saver seperti di koleksi. pokoknya kalau punya screen saver keren, ya dipamerin. Ya kalau semakin aneh bentuknya maka semakin mengagumkan.

Zaman kuliah ternyata berubah lagi, kesempatan diajar oleh dosen komputer grafik mengajarkan tentang rumitnya membuat objek-objek bergerak tadi. Kalau katanya sih gampang. Tinggal satu kali jebret istilahnya. Mainnya di excel. Contoh sederhananya seperti gambar di bawah ini.

contoh 1x Jbret (http://mathisgold.blogspot.co.id/)

Untuk lebih jelasnya soal rumus 1x Jbret bisa dilihat beberapa contoh sederhananya di mathisgold.blogspot.co.id. Sebenarnya rumus-rumus yang ada di 1xJbret ini tidak melulu hanya membentuk bidang statis saja. Titik-titik ini bisa bergerak dengan bantuan satu variabel yang bergerak. Contoh yang pernah dibuatkan dari 1x Jbret ini adalah membuat pergerakan tata surya.

Pergerakan-pergerakan teratur yang diatur dalam rumus matematis ini kemudian dibuatkan dalam bentuk nyata berbentuk patung yang bisa bergerak karena tiupan angin. Cara kerjanya sama seperti patung ayam penunjuk arah angin. Hanya saja pada patung yang bergerak matematis ini lebih teratur dan hanya satu arah. Kita sebut saja kemudian namanya Kinetic Sculpture.


Kinetic Sculpture ini adalah karya dari Anthony Howe yang merupakan kebangsaan Amerika. Pria kelahiran 1954 ini rajin membuat kinetic sculpture dan karya-karyanya terbilang unik dan mengagumkan. Namun untuk mencapai pergerakan yang indah, butuh rata-rata angin dengan kecepatan 90 MPH. Mungkin akan lebih menarik jika melihat video di bawah ini.

Keren ya?!?



"Kinetic Sculpture merupakan gabungan antara inspirasi artistik dan kompleksitas mekanik Pembuatannya sangat bergantung pada ekspresi kreatif, fabrikasi logam, dan proses desain yang seimbang." - Anthony Howe
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment