Google Doodle: Phoebe Snetsinger si Pengamat Burung

google doodle memperingati ulang tahun Phoebe Snetsingers - google.com

Agak menggoda ya judulnya, Phoebe si pengamat burung. Jangan berpikiran porno ya. Karena memang si Phoebe Snetsinger ini memang pengamat burung dan banyak mencatatkan varian burung yang ada di dunia. Bahkan untuk membuat google-doodle-nya hari ini google harus meriset burung-burung yang ingin ditampilkan terlebih dahulu.

Lihat saja pada halaman doodle ini, google mencatatkan sedikit tentang google doodlenya hari ini. Bahkan untuk doodle di atas benar-benar menampilkan animasi burung nyata yang ditemukan dan dicatatkan oleh Phoebe Snetsinger. Tercatat dari kiri ke kanan adalah blackburnian warbler, red-shouldered vanga, village weaverbird, eastern bluebird, dan red-capped manakin. Berikut sketsa gambar yang dibuat google sebelum membuat animasi doodlenya.

rancangan doodle phoebe snetsingers - google.com

Tidak semua negara mencantumkan doodle ini, berikut daftar negara yang disasar untuk doodle ini. Amerika Serikat, Islandia, Irlandia, Portugal, Swedia, Denmark, Belarus, Estonia, Yunani, Jepang, Indonesia, Australia dan Selandia Baru.

Phoebe Snetsinger lahir di Lake Zurich, Illinois, Amerika Serikat. Merupakan penduduk Webster Groves, Missouri, dan pengamat burung asal Amerika yang terkenal karena setelah menemukan lebih dari 8.398 spesies hingga kematiannya. Saat ini tidak ada yang bisa menyamai rekornya. Sebagai putri iklan raja Leo Burnett, Phoebe beruntung bisa menggunakan kekayaannya untuk mendanai banyak perjalanan dalam mengejar hobinya

Phoebe Snetsinger - mentalfloss.com

Phoebe mulai terinspirasi untuk memulai menjadi pengamat burung setelah melihat warbler Blackburnian pada tahun 1965, Kegilaannya pada pengamatan burung bahkan tak terbendung walaupun pada tahun 1981 dokter mendiagnosis penyakit terminal melanoma (sejenis kanker kulit). Alih-alih pemulihan di rumah, dia mengambil perjalanan ke Alaska untuk mengamati burung, dan kembali ke rumah untuk menemukan pengobatan kanker.

Sejak saat itu, ia sering melakukan perjalanan ke daerah-daerah terpencil, kadang-kadang di bawah kondisi lingkungan dan politik yang berbahaya, untuk menumbuhkan harapan hidup karena kanker. Sebagai ahli burung amatir, dia mencatat banyak sekali pengamatan lapangan, khususnya mengenai distincttive subspecies, bahkan banyak yang telah direklasifikasi sebagai spesies penuh.

Angkanya pun tidak main-main. Seperti dicatat di atas, diambil dari wikipedia, Phoebe Snetsinger mencatatkan sebanyak 8,398 spesies burung di dunia. Luar biasa bukan? Pantas saja jadi orang yang berjasa dalam dunia perburungan dan diingat dalam google doodle hari ini.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment