3 Manfaat Kecoak Yang Belum Kita Ketahui

Kecoak - brifo8.blogspot.co.id
Ada yang fobia pada kecoak? Saya punya saudara dan kawan yang keberaniannya sangat super, tapi kalau berurusan dengan kecoak, takutnya setengah mati. Kawan saya lebih unik lagi, dia bisa berminggu-minggu hidup di hutan belantara hanya bermodalkan golok dan garam, makan ular, babi hutan dan segala jenis makanan di hutan. Pemberaninya bukan main, bahkan sempat memukul polisi lantaran dia ditilang dalam kondisi sakit perut. Tapi kalau ketemu kecoak, lain lagi ceritanya, dia pasti kabur.

Kecoak memang dicap sangat menjijikan. Dia hidup di saluran air dan tempat-tempat kotor lainnya, Namun banyak yang tidak mengetahui kalau Kecoak punya manfaat jika ditelaah lebih jauh. Berikut 3 manfaat kecoak yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Obat Tetanus

Ilustrasi tetanus - linkdin.com/in/terry-penney-a5579418
Ini salah satu yang menarik yang ditulis oleh Lafcadio Hearn alias Koizumi Yakumo yang menuliskan pengalmannya saat tinggal di New Orleans, Amerika Serikat. Kecoak dijadikan sebagai bahan obat tradisional pada akhir 1870an tersebut. Menurutnya, jika ada warga yang terkena tetanus, biasanya mereka diberi "teh" kecoak. Rebusan kecoak dibalurkan pada luka sumber tetanus.

2. Antibiotik Ampuh

Rahasia lain muncul dari Sekolah Kedokteran Hewan Universitas Nottingham, Inggris, menemukan sembilan jenis molekul yang tersimpan dalam otak kecoak yang bisa dipakai untuk menghajar sejumlah bakteri patogen. Lantaran pemakaian antibiotik sembarangan, beberapa jenis bakteri patogen sudah makin susah disikat dengan antibiotik-antibiotik lama.

Riset Simon Lee dan teman-temannya menunjukkan “antibiotik” kecoak bisa membunuh sebagian besar bakteri Staphylococcus aureus (MRSA) dan Escherichia coli tanpa mengganggu sel tubuh manusia. Padahal selama ini, dua jenis bakteri tersebut sangat sulit ditumpas dengan antibiotik tradisional. (sumber : x.detik.com)

Bayangkan kalau antibotik ekstrak kecoak ini sukses dikonsumsi oleh manusia. Artinya sistem imun manusia semakin kuat dan semakin hebat. Banyak penyakit pasti yang kemudian bisa disembuhkan dari turunan antibiotik ini.

3. Susunya Diprediksi Superfood masa mendatang


Ilustrasi susu kecoak - okezone.com
Ada yang menarik dari tulisan National Geographic Indonesia pada 28 Juli 2016 lalu. Dikatakan bahwa Susu Kecoak adalah kandidat makanan manusia di masa mendatang. Mungkin pertanyaannya jadi aneh, memangnya kecoak adalah hewan mamalia yang menyusui?

Ternyata ada jenis kecoak Diploptera punctate yang berkembangbiak dengan cara melahirkan. Dan ajaibnya susu dari D.punctate ini mengandung kristal padat protein. Dan setelah diteliti, ternyata kristal susu ini mengandung lemak, gula, asam amino dan nutrisi lain yang besarannya 4 kali lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi. Artinya, ini adalah makanan super masa mendatang bagi manusia.

Dari 3 manfaat tadi, ternyata kecoak punya nilai ekonomis yang tidak main-main. Nah, sekarang tertarik untuk mengembangbiakkan kecoak jenis Diploptera punctate untuk dijadikan ekstrak susu? Duitnya lumayan kayaknya.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment