Google Keluarkan Mainan untuk Ajarkan Anak Ngoding

Google Block - wired.com
Belajar ngoding biasanya sih duduk di depan komputer, menghapal dan mengingat command bahasa programnya dan secara teliti harus periksa seluruh sintak yang bisa menyebabkan error. Tapi bagaimana kalau metode di atas berubah menjadi sesuatu yang menyenangkan. Ngoding menjadi lebih berwarna, menyenangkan dan langsung berinteraksi dengan dunia nyata?

Itu lah yang ditawarkan oleh Google dalam sebuah produk terbarunya yang diberinama Project Bloks. Bloks sendiri adalah sebuah sistem permainan balok dimana anak-anak dapat menghubungkan setiap balok untuk mengontrol balok lainnya. Setiap balok punya ciri khasnya sendiri-sendiri. Ada yang berupa panel kontrol, ada yang berupa sensor, dan lain sebagainya.

Harapan dari proyek yang dibuat Google ini adalah untuk mengajarkan logic dibalik ngoding. Jadi si anak akan belajar sambil bermain mengenai kemampuan-kemampuan dasar ngoding. Ya minimal flownya bisa bener dulu. Dan kerennya, mereka belajar sambil bermain. Menyenangkan ya.

Ilustrasi Command pada project Bloks - theverge.com
Google bukannya pingin jadi pembuat mainan dengan mengeluarkan ini. Tapi rencana Google untuk membuat Bloks ini sebagai platform yang nanti akan disebar pada rekanan untuk dibuatkan mainan anak-anaknya. Belum lagi kalau dikawinkan dengan Android yang sudah ada sekarang. Pasti mainan yang diciptakan kelak akan jauh lebih variatif dari yang sudah ada sekarang ini.

Sekarang Blok belum menyentuh pasar. Google sendiri mengatakan bahwa project ini masih dalam tahap pengembangan. Kolaborasinya pun melibatkan banyak peneliti. Dan perlu diketahui, project ini sudah dibulai sejak 2013 lalu. Artinya mungkin sekarang sudah dalam tahap yang pasti mengejutkan. Belum diketahui pasti partner yang akan mengembangkan ide keren google ini menjadi mainan yang siap edar di pasaran.

Tapi saya yakin, kalau mainan ini sudah siap edar, pasti banyak para orangtua yang rela antri untuk mendapatkan mainan yang super keren ini. Selain jadi alat permainan, tentu Blok ini sesuai dengan cita-cita Google di awal. Sebagai sarana untuk mengajarkan dan melatih anak soal ngoding.

Nah, sambil berandai-andai benda ini siap di pasaran, intip dulu saja video resmi yang dirilis oleh Google mengenai Project Bloks di bawah ini :


Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment