Tata Kelola Human Capital Hantarkan Telkom Raih Penghargaan ACES 2016

logo Telkom Indonesia
Ada berita membanggakan hadir pertengahan bulan ini dari salah satu BUMN t-o-p Indonesia. Telkom Indonesia mendapat penghargaan sebagai perusahaan idaman di Asia. Mungkin bagi yang berpandangan miring akan bilang, "ya iyalah, banyak makan gaji buta, pasti idaman lah". Mungkin pendapat seperti itu bisa dipatahkan karena Telkom Indonesia meraih penghargaan ini karena talent-pool.

Buat yang berkecimpung di dunia Human Resource dan Human Capital pasti tahu tentang human-pool dan pasti penasaran bagaimana Telkom Indonesia bisa meraihnya. Sebelum menyenggol soal human-pool ini, sebagai informasi, Telkom Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai Top Companies To Work For in Asia dalam ajang Asia Corporate Excellence & Sustainability Awards 2016 (ACES) pada 11 November 2016. 

ACES sendiri merupakan ajang pemberian penghargaan yang diselenggarakan oleh MORS Group dan diberikan kepada perusahaan maupun individu di Asia di dua domain yaitu kepemimpinan dan tanggungjawab sosial perusahaan.

ilustrasi human capital - realshellsource.com
Penghargaan ini diberikan pada Telkom Indonesia lantaran dinilai menunjukkan komitmen terhadap pemberdayaan dan pengembangan karyawan melalui pendekatan people-centric. Hal ini terjadi karena Telkom Indonesia memberikan dukungan pada program-program investasi sumber daya manusia. Mulai dari pengakuan dan referensi, peningkatan kepuasan kinerja karyawan, praktik komunikasi yang fair dan transparan, serta menyelenggarakan work life balance.

Nah, keliatan banget kan kalau saya itu copy-paste untuk paragraf di atas?

Intinya sih penghargaan ini diberikan pada Telkom Indonesia karena dinilai sukses melakukan tata kelola pada karyawannya menjadi lebih baik. Tentunya berdasarkan aspek-aspek yang diuraikan di atas. Setidaknya ada 5 program yang dijalankan. Mungkin ini cocok untuk dicontek perusahaan-perusahaan lain. Ke-5 program tersebut adalah Trainee Program, Development Program, Scholarship Program, Management Program dan Retirement Program.

Sejelek-jeleknya layanan Telkom Indonesia yang sering didengar di media sosial, yang jelas Telkom Indonesia sukses menyingkirkan setidaknya 185 perusahaan se-Asia pada ajang ACES ini. Luar biasa kan?
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment