10 Saran Facebook Untuk Identifikasi Berita Palsu

Ilustrasi hoax - suarapapua.com
Beberapa waktu lalu saya sempat mendapat notifikasi dari facebook. Yang begitu saya buka adalah 10 tip dari facebook untuk mengidentifikasi berita bohong. Hal ini wajar dikampanyekan oleh Facebook karena seiring dengan perkembangan teknologi dan politik, orang semakin mudah menyebarkan berita. Terlebih lagi Facebook termasuk yang dikomplain untuk masalah berita bohong ini.

Begini 10 tips yang dikeluarkan oleh Facebook :

1. Bersikaplah Skeptis pada Headline, tidak jarang kita menemui judul-judul yang klik-bait. Biasanya judul-judul ini bombastis dan banyak aneh dan sulit dipercaya. Hati-hati dengan judul seperti ini,

2. Perhatikan URL-nya, sekarang URL bisa dimodifikasi sedemikian rupa. Bisa dipersingkat, bisa hanya berupa alias, atau hanya sebagai directive-url yang melempar URL asli. Coba klik terlebih dahulu URLnya untuk membandingkan dengan benar.

3. Investigasi Sumbernya, mungkin saat membuka halamannya tampak meyakinkan artikelnya. Langkah paling sederhana coba lihat menu About pada website tersebut. Perhatikan dengan seksama. Apakah dapat dipercaya?

4. Perhatikan Format artikelnya, biasanya artikel yang penuh kebohongan hanya mencari uang semata dengan tidak memperhatikan struktur dan bahasa penulisan. Coba baca dengan seksama artikelnya.

5. Perhatikan Fotonya, biasnya foto yang ditampilkan penuh dengan editan. Hanya mengejar untuk menguatkan isi kebohongan belaka. Apalagi kalau fotonya hanya editan kasar patut dicurigai.

6. Perhatikan Tanggalnya, biasanya berita-berita palsu ini punya timeline berita yang aneh. Banyak yang diedit tanggalnya.

7. Periksa Buktinya, yang namanya berita pasti menyertakan bukti percakapan atau foto atau video. Coba periksa terlebih dahulu sumbernya, bisa dipercaya atau tidak?

8. Lihat Artikel Lainnya, situs yang menyebar kebohongan, pasti selalu senada dengan artikel lain. Jadi, untuk mengidentifikasi artikel tersebut bohong atau tidak, coba lihat lagi artikel-artikel lain pada situs yang sama. Bisa dipercaya atau tidak artikelnya?

9. Hanya Hiburan atau Tidak?, banyak beredar artikel-artikel yang hanya menyindir kejadian yang sedang HOT terjadi saja. Coba perhatikan lagi, apakah artikel ini hanya untuk hiburan atau parodi saja atau tidak?

10. Cerita Sengaja Dibuat Palsu, jangan lupa untuk kritisi kembali bahan bacaan ini, dan sebisamungkin hanya share artikel yang dipercaya saja sumbernya. Kalau aneh-aneh, mending jangan dishare.

Asik juga ya 10 tip dari Facebook untuk mengidentifikasi berita bohong. Sepertinya Facebook sedang berbenah diri. Mengingat pada bagian bawah artikel Facebook ini bekerjasama dengan ICT Watch dan Dewan Pers.

sumber
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment