Gambaran Peran Ibu dalam Google Doodle Hari Ini

Pentingnya perempuan dalam dalam peradaban Indonesia sudah sering digaungkan dan sejarah mencatat pada tahun 1928 Indonesia pernah mengadakan Kongres Perempuan. Tahun itu, tahun di mana para pemudanya sedang gencar-gencarnya melakukan festival pemikiran. Bukan hanya kesadaran pemikiran persatuan dan kesatuan, kesadaran pemikiran akan pentingnya perempuan dalam peradaban Indonesia di masa mendatang juga digaungkan.

Pada kongres perempuan itu juga diingatkan pentingnya perempuan-perempuan pintar untuk menjaga dan menjamin penerus bangsa yang juga pintar. Jika perempuan sudah bodoh, pendidikan terhadap anak yang dikandung dan dibesarkannya sebetulnya terancam. Sementara, seorang ibu yang pintar dan cerdas akan memiliki modal besar untuk menjadikan anaknya pintar.

Rujukan:
- Sejarah Hari Ibu
- Asal Usul Hari Ibu

Sejarah kemudian mencatat, pada 22 Desember 1953, dalam peringatan kongres ke 25, melalui Dekrit Presiden RI No. 316 Tahun 1953, Presiden Sukarno menetapkan setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai: Hari Ibu.

Google Doodle Hari Ibu

Dalam memperingati Hari Ibu, hari ini 22 Desember 2019 pun google  meluncurkan doodle khusus. Sama seperti pada peringatan hari ayah, Doodle hari ini pun mengambil karakter bebek sebagai tokohnya. Animasinya pun terbagi menjadi 3 animasi.

Animasi pertama menggambarkan 6 anak bebek yang selalu mengikuti pergerakan induknya. Ini seperti menggambarkan kalau ibu adalah sosok yang akan diikuti dan dituruti oleh anak-anaknya. Benar seperti yang dikatakan pada kongres perempuan 1928 silam. Akan berbahaya ketika Ibu tidak cerdas dan pintar. Anaknya nanti bagaimana?
Animasi kedua menggambarkan sang Ibu yang sedang mengajarkan anaknya berenang. Karena ya memang benar, Ibu adalah sekolah pertama untuk si anak. Semakin baik sekolahnya, maka semakin baik juga hasilnya bukan?!?

Terakhir, Ibu digambarkan sebagai sosok pelindung. Betapa tidak, saat hujan datang, sang induk melebarkan sayapnya dan anak-anaknya langsung bersembunyi di bawah sayap induknya.

Pesan google doodle hari ini nyampe banget ya?!?
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment