4 Manfaat Virtual Reality (VR)

Ilustrasi Virtual Reality - elearningindustry.com

Virtual Reality atau VR semakin populer ketika bisa dilihat cukup dengan menggunakan handphone. Bahkan Samsung generasi teranyar dan tercanggihnya juga mengeluarkan bundle yang bisa dibeli berikut kacamata VR miliknya.

VR sendiri sebenarnya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Atau lebih dikenal dengan computer-simulated environment, suatu lingkungan sebenarnya ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imajinasi saja. (sumber wikipedia)

Pengembangan VR sendiri semakin beragam dan semakin canggih, berikut 4 manfaat VR.

1. Pendidikan

Pengembangan Virutal Reality untuk dunia pendidikan sangat beragam. Misalnya saja untuk daerah terpencil di belahan bumi diperkenalkan VR yang berisi lokasi-lokasi populer di dunia. Memang sih lokasi-lokasi populer dunia tadi bisa dilihat di google street. Tapi dengan VR, rasanya menjadi beda dan lebih personal. Dengan VR, para siswa di belahan dunia terpencil bisa merasakan canggihnya tempat yang mereka lihat.

Bukan hanya memperkenalkan tempat di dunia saja, VR juga bisa digunakan untuk ajang latihan praktik. Misalnya saja seperti yang dilakukan oleh Moveo Foundation pada tahun 2014. Bersama dengan dr. Gregory dan tim dari Oculus Rift, mereka membuat VR pertama yang berisi operasi. Video ini kemudian menjadi ajang latihan bagi para siswa dokter bedah untuk berlatih operasi.


2. Bermain Game

Salah satu cara menikmati VR yang paling asik adalah bermain game. Seiring dengan pengembangan teknologi, VR memberikan sensasi tersendiri dalam bermain game. Pengembangannya mungkin mirip dengan Nintendo Wii atau XBOX yang lengkap dengan kinek.

Jika pada Nintendo pemain menggenggam alat yang nantinya akan disimulasikan dalam game, maka pada VR alat tersebut juga digunakan untuk membaca pergerakan tangan dan aksi yang dilakukan. Sementara jika pada XBOX membaca pergerakan dengan menggunakan kinek, maka pada VR, pendeteksian gerak dilakukan dengan posisi pandangan. Berikut contoh VR yang digunakan untuk bermain game.


3. Simulator

Mungkin untuk manfaat poin yang ini bisa disamakan fungsinya seperti penggunaan VR pada dunia pendidikan. Namun penggunaan simulator di sini lebih luas lagi. Penggunanya bisa merasakan seolah-olah mereka benar-benar berada dan merasakan apa yang terjadi melalui indra visual.

VR Simulator tentu memberikan pengalaman tersendiri bagi penggunanya. Misalnya saja simulasi saat naik Roller Coaster, 360 derajat seluruhnya bisa dilihat selayaknya kita berada di dalam Jet Coaster tadi. Tapi hati-hati bagi yang terlalu nyata merasakan tipuan dari VR. Bisa-bisa malah takut sendiri seperti video di bawah ini.


4. Olahraga

Nah ini salah satu yang sadis. Memang sih dengan penggunaan teknologi bisa membuat dan membantu kita untuk berolahraga. Bahkan membuat olahraga menjadi semakin menyenangkan dan bikin betah (baca : Teknologi pada Olahraga),

Penggunaan VR untuk olahraga tentu harus disesuaikan pula dengan alat olahraga yang digunakan. Sebenarnya mungkin mirip dengan manfaat VR untuk bermain game. Yang membuatnya berbeda adalah, pada manfaat olahraga yang ini, si pengguna lebih merasakan manfaat olahraga ketimbang manfaat fun dari sebuah game.


VR untuk olahraga sepertinya cocok sekali untuk kita-kita (eh saya) yang punya masalah untuk berolahraga. Bahkan punya prinsip bahwa olahraga merusak badan. Lihat saja betapa badan pegal-pegal ketika selesai berolahraga.

Maaf, paragraf di atas mohon jangan dianggap serius, karena serius sudah bubar. Btw selain 4 jenis manfaat VR apakah masih ada lagi?
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment